Rumah Buah Batu

Proyek ini adalah sebuah rumah tinggal 1 lantai yang terletak di sebuah kavling yang relatif sempit. Dengan kavling yang relatif sempit ini, kami berusaha untuk memasukkan fungsi-fungsi dan ruang-ruang yang dibutuhkan oleh penghuni, sehingga menghasilkan sebuah desain rumah mungil minimalis yang kompak dan fungsional.

desain_rumah_buahbatu_denah copy

Denah

Ruang-ruang yang direncanakan :

  1. R. Tamu
  2. R. Makan
  3. R. Keluarga
  4. Kamar Mandi
  5. Kamar Tidur (3 buah)
  6. Dapur
  7. Carport
  8. Teras beratap

Karena pertimbangan dana, pemiliki rumah menginginkan rumah dibuat 1 lantai saja, tetapi tetap bisa menampung program ruang tersebut di atas. Untuk mengefisiensikan ruangan, sekat antar ruang ditiadakan, seperti ruang tamu dan ruang keluarga dibuat menyatu.

Untuk mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami untuk setiap ruang, maka pada bagian belakang dibuatkan sebuah inner court. Dengan adanya inner court ini, maka kamar tidur-1, dapur, ruang makan, dan ruang keluarga akan mendapat cahaya alami dan sirkulasi udara yang lancar.

tampak depan desain rumah mungil minimalis

Tampak depan

Untuk desain fasad eksteriornya, sesuai dengan konsepnya yaitu desain rumah mungil minimalis, dilakukan beberapa trik solusi untuk mendapatkan desain fasad yang menarik walaupun massa bangunan ini relatif kecil :

  1. Atap rumah dibuat berbeda elevasi.
    Keputusan untuk membuat atap berbeda elevasi ini adalah untuk menghindari kemonotonan bangunan. Tiap grid horizontal bangunan memiliki elevasi atap yang berbeda. Dengan atap yang berbeda ketinggian ini menghasilkan tampak rumah yang dinamis, energik, dan menarik.
  2. Penggunaan jendela dengan bukaan yang lebar, sehingga memberikan kesan luas dan lapang.
  3. Pada bagian teras, dibuat balok gantung sebagai vista yang menarik. Balok gantung ini diberi finishing cat warna coklat yang menarik dan eye-catching. Balok gantung ini juga sebagai balok dak beton teras dan balok untuk sirip-sirip atap polycarbonate dengan rangka besi hollow. Penggunaan sirip-sirip ini bertujuan untuk memberikan corak dan nuansa berbeda terutama bila bangunan terkena sinar matahari, yang menghasilkan pola garis-garis yang menarik.
  4. Penggunaan keramik dinding untuk memberikan kesan hangat pada fasad bangunan.

view eksterior-01 desain rumah mungil minimalis

Perspektif eksterior_01

view eksterior-05 desain rumah mungil minimalis

Perspektif eksterior_02

view eksterior-04 desain rumah mungil minimalis

Perspektif eksterior_03

view eksterior-03 desain rumah mungil minimalis

Perspektif eksterior_04

Reply