Rumah Binjai

Konsep utama rumah ini adalah rumah tumbuh. Konsep rumah tumbuh ini pada saat ini sedang banyak disukai orang, terutama desain rumah tumbuh minimalis modern tropis, yang sesuai dengan iklim dan cuaca di negara kita. Pada umumnya, ada beberapa hal yang menyebabkan banyak orang menyukai konsep rumah tumbuh ini, yaitu :

  1. Alasan budget/dana yang tersedia
  2. Bertambahnya kegiatan/aktivitas yang harus ditampung di rumah
  3. Bertambahnya anggota keluarga

Jenis pengembangan rumah tumbuh ini juga terbagi 2, yaitu :

  1. Rumah tumbuh horizontal
    Konsep rumah tumbuh horizontal ini cocok digunakan di lahan yang luas sehingga pengembangannya dilakukan ke samping.
  2. Rumah tumbuh vertikal.
    Konsep ini biasa digunakan karena lahan yang tersedia kecil, sehingga pengembangannya dilakukan ke atas (menambah lantai rumah). Pada rumah tumbuh vertikal ini, harus diperhatikan kekuatan struktur bangunannya (kolom dan pondasi), apakah kuat untuk dibuat 2 lantai atau mungkin lebih.

Nah untuk proyek kami ini, klien kami menginginkan sebuah desain rumah tumbuh minimalis yang sederhana namun tetap elok dipandang. Ukuran kavling tanah yang disediakan untuk rumah ini tergolong luas, yakni sekitar 775m2.

Dengan ukuran kavling tanah yang tergolong luas, dan kebutuhan ruang yang diperlukan tidak terlalu besar, maka konsep rumah villa sangat tepat juga untuk diaplikasikan di rumah ini. Bangunan rumah akan diletakkan di tengah-tengah kavling sehingga sekelilingnya dapat ditanami pepohonan yang rindang dan sejuk.

denah desain rumah tumbuh minimalis

Denah

Sesuai dengan konsepnya, maka pembangunan rumah ini akan dilakukan secara bertahap dan terencana dengan baik. Rumah harus sudah bisa ditempati setelah selesai tahap awal, dan proses pembangunan bertahapnya dapat berjalan tanpa banyak mengganggu kegiatan di dalam rumah.

Untuk itu, kami menawarkan denah rumah ini dengan merencanakan tahap-tahap pembangunan, yaitu :

  1. Tahap I
    Pada tahap ini, rumah tumbuh ini direncanakan akan dibangun kamar tidur utama + kamar mandi di dalamnya, ruang tamu, dan garasi. Ruang tamu ini pada tahap I ini dapat berfungsi juga sebagai ruang keluarga dan ruang makan sementara. Sementara dapur direncanakan di balik ruang tamu ini.
  2. Tahap II
    Pada tahap II ini, rumah tumbuh ini akan dilanjutkan dengan membangun ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan sebuah kamar mandi/WC.
  3. Tahap III
    Pada tahap ini, akan dilanjutkan membangun ruang kerja, kamar tidur (2 buah), kamar mandi, dan sebuah teras beratap.

 

 tampak depan desain rumah tumbuh minimalis

Tampak Depan

eksterior01 desain rumah tumbuh minimalis

Perspektif Eksterior_01

eksterior02 desain rumah tumbuh minimalis

Perspektif Eksterior_02

eksterior03 desain rumah tumbuh minimalis

Perspektif Eksterior_03

eksterior04 desain rumah tumbuh minimalis

Perspektif Eksterior_04

eksterior05 desain rumah tumbuh minimalis

Perspektif Eksterior_05

eksterior06 desain rumah tumbuh minimalis

Perspektif Eksterior_06

Reply