Rumah Batujajar

Proyek rumah ini berlokasi di daerah Batujajar, Kab. Bandung, Jawa Barat. Ukuran kavling yang tersedia relatif kecil yaitu 5x12m, jika dibandingkan dengan ruang-ruang yang diinginkan oleh pemilik rumah. Dengan keterbatasan lahan tersebut, memunculkan konsep sebuah desain rumah minimalis modern yang kompak di lahan yang sempit dan terbatas dengan tetap bisa menampung semua kegiatan dan kebutuhan ruang bagi penghuninya.

denah rumah minimalis modern di batujajarDenah

Untuk lantai 1 terdapat ruang-ruang :

  1. Ruang keluarga (multifungsi sebagai Ruang Tamu)
  2. Ruang makan
  3. Kamar Mandi
  4. Dapur
  5. Kamar Tidur-1
  6. Carport
  7. Teras

Ruang keluarga yang sekaligus sebagai ruang tamu, dibuat menyatu dengan ruang makan agar terlihat luas dan lapang. Dapur dan kamar tidur-1 diletakkan di bagian belakang. Dengan panjang kavling yang hanya 12m, sementara 4m harus disediakan untuk GSB sekaligus untuk carport, sehingga tidak ada lagi ruang tersisa di bagian belakang sebagai taman. Karena tidak ada taman belakang, sirkulasi udara dan pencahayaan alami untuk dapur dan kamar tidur-1 memanfaatkan ruang kosong antar bangunan belakang yang berfungsi sebagai selokan.

Sirkulasi udara menggunakan rooster yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat mencukupi kebutuhan udara segar di ruangan tersebut. Sementara untuk pencahayaan alami, menggunakan glass block yang penyusunannya dikombinasikan dengan rooster tadi.

Untuk lantai 2 terdapat ruang-ruang:

  1. Ruang tidur-2
  2. Ruang tidur-3
  3. Kamar mandi-2
  4. Ruang santai
  5. Balkon

Untuk desain fasad eksteriornya, sesuai dengan konsep rumah minimalis modern, diterapkan permainan maju mundur bidang. Bidang tampak lantai 2 dibuat lebih maju dibanding lantai 1. Hal ini juga sekaligus menciptakan ruang tambahan yang lebih besar dibandingkan di lantai 1.

Untuk finishing cat bangunnaya, dipilih warna-warna modern, seperti: putih, abu-abu, dikombinasikan dengan warna coklat untuk memberikan kesan hangat pada bangunan. Penggunaan keramik dinding juga dapat menambah kesan hangat tersebut. Kehadiran keramik dinding ini juga dapat menghilangkan kemonotonan tampak bangunan, tekstur keramiknya mampu memberikan corak tersendiri bagi bangunan.

Untuk menghindari tampias air hujan, digunakan polycarbonate yang dikombinasikan dengan besi hollow sebagai rangkanya. Rangka hollow ini difinish warna cat putih untuk memperkuat kesan modernnya.

desain_rumah_batujajar_06 copyTampak Depan

desain_rumah_batujajar_05 copyPerspektif Eksterior_01

desain_rumah_batujajar_04 copyPerspektif Eksterior_02

desain_rumah_batujajar_03 copyPerspektif Eksterior_03

desain_rumah_batujajar_02 copyPerspektif Eksterior_04

desain_rumah_batujajar_01 copyPerspektif Eksterior_05

One Response

  1. shanti

Reply