Sekolah Tingi Intelijen Negara (STIN) merupakan sebuah perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh badan Pemerintah. Perguruan tinggi kedinasan, yang masih menggunakan sistem kedinasan tersebut berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca juga :  5 Jurusan Kuliah Cocok Untuk Kamu Yang Ingin Jadi Polisi 

Berbeda dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya yang sudah berdiri sebelum tahun 2000. Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN, baru terbentuk pada tahun 2004. Dengan terbentuknya Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN, diharapkan dapat mencetak kader penerus agen rahasia Indonesia, dalam lingkungan Badan Intelijen Negara.

Seiring dengan harapan tersebut, Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN berusaha menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki berkompeten dalam akademik dan mempunyai keahlian profesional.

Sehingga, mahasiswa Sekolah Tinggi Intelijen Negara diharapkan mampu mengimplementasikan dan mengembangkan ilmu-ilmu intelijen. Ilmu-ilmu intelijen yang dimaksud, seperti ilmu pengetahuan, ilmu teknologi, dan ilmu seni di bidang intelijen yang bertujuan untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sasaran dari Sekolah Intelijen Negara STIN:

  1. Untuk terwujudnya kurikulum aktual yang berbasis kompetensi.
  2. Untuk terwujudnya pengembangan program studi agen intelijen dan juga analisis intelijen, baik pada jenjang pendidikan ataupun di dalam perkembangan kajian dan juga kompetensi pada agen dan analisis intelijen.
  3. Untuk tercapainya lulusan yang berdaya saing internasional dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  4. Untuk meningkatkan kuantitas dan juga kualitas sarana dan prasarana dalam akademik serta penunjanganya pada lingkungan kampus STIN.
  5. Untuk terbangungya sistem informasi akademik berbasi data dan juga teknologi iformasi yang berupa LAN, Ethernet dan internet sehingga para mahasiswa / mahasiswi dapat melakukan pendaftaran ulang atau mengurus KRS , dan melihat nilai secara online.
  6. Untuk terwujudnya partisipasi sivitas akademika STIN di dalam berbagai kegiatan baik di dalam lingkup sekolah tinggi ataupun di dalam cakupan lokal, nasional dan juga internasional.
  7. Untuk terjalinya jaringan kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak, baik institusi negri maupun swasta yang berskala lokal ataupun internasional.
  8. Untuk terwujudnya pengelolaan kelembagaan yang sinergis, efisien dan juga produktif dengan carakerja dan manajemen yang sudah profesional.

Tugas Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN:

Menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang intelijen dan dapat menyelenggarakan pendidikan profesi sesuai dgn ketentuan peraturan-perundang-undangan.

Fungsi Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN:

  • Pelaksanaan dan pengembangan pendidikan di bidang intelijen.
  • Pelaksanaan penelitian.
  • Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.
  • Pelaksanaan pembinaan sivitas akademika.
  • Pelaksanaan kegiatan pelayanan administrasi.

Demi mempertahankan kualitas lulusannya, Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN mempunyai sistem seleksi yang ketat. Terdapat dua jalur seleksi yang dapat diikuti, yaitu jalur umum dan jalur talent scouting.