Ketika menonton sebuah film, seorang aktor atau aktris yang berperan di dalam film tersebut, akan menjadi penentu di mata audience, apakah mereka bisa menyampaikan cerita dengan baik.

Baca juga : Selain Kuliah, Ini Kegiatan Wajib Mahasiswa

Alur cerita yang sudah dibuat sebaik mungkin, akan tetap terlihat kurang baik, jika aktor tidak menyampaikan pesan dengan baik, atau acting yang mereka lakukan terkesan tidak profesional.

1. Teater

Jurusan kuliah menjadi aktor pertama adalah teater, seperti kita tau bahwa bermain dalam sebuah teater, membutuhkan keahlian dalam bermain peran dengan baik. Jika tertarik untuk bermain peran dalam suatu cerita, maka jurusan teater bisa dipilih.

Disini kamu akan diajari berbagai pembelajaran menarik, dan langsung dipraktikkan di atas panggung. Setelah lulus, nantinya ilmu sudah siswa dapatkan dapat diaplikasikan pada dunia kerja. Banyak prospek pekerjaan yang bisa dilakukan, seperti menjadi seorang aktor, talent director, guru.

Mempelajari teknik acting, pementasan dan pertunjukan, tata rias hingga pembelajaran tentang teori-teori yang berkaitan dengan jurusan teater. Nantinya siswa juga akan memiliki kemampuan dalam miliki jurusan kuliah menjadi aktor yaitu bermain dengan ekspresi yang bersifat kejiwaan.

2. Televisi dan Film

Jurusan kuliah menjadi aktor selanjutnya adalah Televisi dan Film, hampir semua universitas atau institut di Indonesia memiliki jurusan ini, karena jurusan ini memang cukup digemari.

Mempelajari lebih dalam mengenai dunia televisi dan film, akan membuat siswa merasa tertarik karena banyak hal baru, yang mungkin saja baru diketahui setelah mempelajarinya. Jurusan ini sangat cocok, jika kamu senang menonton film dan memiliki keinginan untuk memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan dunia televisi atau perfilman.

3. Seni Pertunjukan

Seni pertunjukan menjadi salah satu jurusan kuliah menjadi aktor, disini mahasiswa akan belajar mengenai seni drama, seni tari, musik dan lainnya yang berhubungan dengan dunia peran.

Tidak hanya belajar mengenai seni peran di depan panggung, namun siswa juga bisa mengenal banyak hal yang dilakukan di belakang panggung, seperti tata suara, tata lampu dan anggaran. Dengan mendapatkan lebih banyak ilmu seni pertunjukan, siswa akan lebih mudah mendapat pekerjaan.

Sebab kamu mengetahui banyak hal baik di depan maupun belakang panggung. Dengan mempelajari ilmu pengetahuan dari seni pertunjukan, siswa bisa mendapat pekerjaan di bidang floor director, penata suara, penata pencahayaan juga aktor atau aktris.

4. Cinematography

Jurusan kuliah menjadi aktor selanjutnya adalah cinematography, merupakan gabungan ilmu antara seni dengan teknologi dari fotografi yang berhubungan dengan pengaturan. Di sini kamu akan diajarkan untuk bagaimana cara mengambil gambar dengan baik, juga memberi efek yang pas pada tayangan, sehingga menciptakan suatu karya dengan tampilan yang indah.

Meskipun fokus utama dari jurusan ini adalah bagaimana teknik pengambilan gambar yang baik, namun mahasiswa juga diajarkan mengenai proses produksi film atau acara televisi. Sehingga kamu juga akan mengenal lebih dalam dunia perfilman, seperti penulisan skenario yang akan mengembangkan kemampuanmu lebih dalam lagi.

5. Desain Komunikasi Visual

DKV juga menjadi salah satu jurusan kuliah menjadi aktor, jurusan ini cukup diminati banyak orang, karena mencakup prospek kerja yang cukup luas. Di jurusan ini, siswa akan belajar mengenai cara membuat short movie atau iklan,

dan melalui pembelajaran tersebut, kamu juga bisa menjadi aktor atau aktris di dalam film kamu sendiri. Tidak hanya sampai disitu, siswa juga dapat mempelajari animasi bahkan fotografi, nantinya setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai editor video atau pembuat film animasi.