Apa Itu Jurusan Tata Boga?

Jurusan Tata Boga mempelajari teknik penyajian makanan dengan memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi. Kamu akan belajar mengolah berbagai hidangan daerah dan berbagai negara negara. Misalnya masakan barat, masakan Cina, masakan Timur tengah, dan masakan nusantara.

Baca juga : Jurusan Musik – Kenapa Harus Jurusan Ini

Tidak hanya belajar mengolah makanan, kamu juga akan belajar bagaimana meracik minuman dan mempelajari cara menghidangkannya. Tentu saja kamu juga harus memperhatikan aspek sanitasi dan hygiene, gizi, dan pelayanan adalah ilmu principle juga harus kamu pelajari di jurusan Tata Boga.

Kenapa jurusan Tata Boga?

Jurusan ini cocok untukmu yang memiliki passion kuat di bidang kesehatan, sains, makanan, dan biologi. Industri kuliner dan pangan yang selalu berkembang serta tak pernah sepi peminat juga dapat menjadi alasan menarik untuk mempertimbangkan Tata Boga sebagai program studi pilihan. Selain itu dengan ilmu yang didapat, kamu juga akan berkontribusi menciptakan ketahanan pangan yang stabil untuk negara.

Bidang kuliner sendiri akan selalu diperlukan kapanpun, sehingga tidak perlu khawatir tidak mendapat pekerjaan setelah lulus. Beberapa profesi yang dapat dipilih mulai dari Barista Bartender, Food service managers, Koki, Baker, Head Cook, Wirausahawan kuliner Dan lain-lain. Apalagi pebisnis kuliner kaki lima yang mampu menyediakan hidangan lezat dengan harga yang terjangkau, mampu mengantongi omset jutaan rupiah per hari. Karenanya tak perlu ragu untuk melanjutkan studi pada bidang tata boga.

Prospek Kerja Tata Boga

1. Chef

Setelah lulus dari jurusan tata boga pilihan utama karirmu adalah menjadi seorang koki. Koki sendiri bertugas memasak makanan dengan baik untuk bisa disajikan kepada pelanggan. Seorang koki juga sangat dibutuhkan di perusahaan atau organisasi principle yang bergerak dibidang jasa dan kuliner, seperti hotel, villa, restoran, dan katering. Apalagi saat ini, dengan perekonomian yang terus berkembang, dan industri di bagian jasa dan servis seperti membangun restoran agar semakin berkembang.

2. Food Vloger

Food vlogging cocok untukmu yang senang melalukan sharing dan mengajak teman-teman untuk mencoba kuliner yang enak dan layak direkomendasikan. Di samping membuat rekomendasi makanan atau tempat makan, seorang food vlogger juga bertugas membuat review makanan mulai Dari rasa, tekstur, hingga ke visual sajiannya.

3. food stylist

Pekerjaan ini cocok untukmu yang senang menata visual makanan agar lebih menarik dan menggugah selera. Food stylist juga akan terlibat di pembuatan konten kuliner berbasis fotografi. Pekerjaan ini umumnya dibutuhkan di restoran, penerbit buku resep, dan media-media promosi makanan, termasuk media sosial.

4. Baker

Bagi yang senang memasak roti, menjadi baker dapat menjadi pilihan karirmu. Tidak jauh berbeda dengan koki, seorang baker dapat bekerja di banyak bidang. Misalnya saja di building, kapal pesiar, catering, cafe, sampai juga untuk privat.

5. Barista

Jurusan Tata Boga memberikan ilmu untuk menghidangkan dan mengelola kopi. Bagimu yang memiliki ketertarikan khusus pada kopi, maka menjadi barista untuk restaurant, bar, atau coffee shop dapat menjadi pilihan. Umumnya seorang barista memang lebih banyak bekerja di kedai-kedai kopi, bar kopi atau restaurant.